HUBUNGAN SIKAP DAN PENGETAHUAN TERKAIT PERILAKU SWAMEDIKASI PADA MAHASISWA KESEHATAN DI KABUPATEN KENDAL JAWA TENGAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Magfiroh, Lailatul (2022) HUBUNGAN SIKAP DAN PENGETAHUAN TERKAIT PERILAKU SWAMEDIKASI PADA MAHASISWA KESEHATAN DI KABUPATEN KENDAL JAWA TENGAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
33101700029_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Swamedikasi (pengobatan sendiri) merupakan penggunaan obat-obatan yang dibeli bebas di apotek ataupun toko obat atas inisiatif sendiri tanpa saran atau resep dari dokter. Swamedikasi umumnya dilakukan untuk mengatasi keluhan dan penyakit ringan yang dirasakan sebelum memutuskan mencari pertolongan ke pusat pelayanan kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan sikap dan pengetahuan terkait perilaku swamedikasi pada mahasiswa Kesehatan di kabupaten Kendal jawa tengah pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan metode analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik snowball sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 129 responden dan 30 responden digunakan untuk uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2021-januari 2022. Analisis data yang digunakan adalah analisis rank spearman menggunakan software SPSS versi 23. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa 93,8% mahasiswa kesehatan memiliki pengetahuan yang baik. Sedangkan hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pada uji spearman didapatkan hasil nilai p 0,000 Hal ini membuktikan bahwa keeratan hubungan antara sikap dan pengetahuan terkait perilaku adalah sangat lemah dengan nilai yang di dapatkan yaitu hubungan sikap dan pengetahuan nilai r (0,308) Hubungan sikap dan perilaku nilai r (0,386) dan Hubungan pengetahuan dan perilaku r (0,391). Dari hasilyang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara sikap dan pengetahuan terkait perilaku swamedikasi pada mahasiswa kesehatan di kabupaten kendal jawa tengah pada masa pandemi covid-19. Kata Kunci: Sikap, Pengetahuan, Perilaku Swamedikasi, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:52
Last Modified: 20 Dec 2022 07:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25232

Actions (login required)

View Item View Item