HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA PADA MASA NEW NORMAL DI POSYANDU LANSIA DUKUH KAYON DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

Mardiyana, Mardiyana (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA PADA MASA NEW NORMAL DI POSYANDU LANSIA DUKUH KAYON DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
32101800048_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)

Abstract

Latar belakang : Pola hidup bersih dan sehat bagi lanjut lansia mempunyai dampak terhadap kualitas hidup lansia. Keluarga adalah orang terdekat yang mempunyai pengaruh cukup besar dalam mempertahankan kesehatan bagi lanjut usia. Dukungan keluarga adalah tindakan yang diberikan kepada anggota keluarga baik secara verbal dan nonverbal yang mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kualitas hidup lansia. Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia semasa new normal di posyandu lansia Dukuh Kayon Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kuantitaif dengan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah lansia yang berusia 60 tahun keatas di posyandu lansia. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yang kriterianya memenuhi kriteria inklusi dengan jumlah responden 52. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dukungan keluarga dan kuesioner kualitas hidup OPQOL-35. Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan dukungan keluarga sangat baik (57,7%), dan kualitas hidup lansia (51,9%). Hasil uji statistik menggunakan uji chi-square diperoleh nilai p-value < 0,022, risk estimate 0,217 Kesimpulan : Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia pada masa new normal. Dukungan keluarga sangat baik mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kualitas hidup lansia. Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Kualitas Hidup Lansia, Masa New Normal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:51
Last Modified: 20 Dec 2022 07:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25231

Actions (login required)

View Item View Item