Syahirani, Astri (2022) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK DISABILITAS DI SLB MANUNGGAL SLAWI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
32101800026_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
Abstract
Pengetahuan baik menimbulkan kesadaran dalam berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki dalam mengasuh. Kurangnya pengetahuan mengakibatkan anak tidak mendapatkan pola asuh yang sesuai dengan potensi dan kemampuannya, sehingga anak tidak berkembang dan tidak dapat hidup mandiri (Puspitasari and Hikmah, 2015). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan pola asuh orang pada anak disabilitas di SLB Manunggal Slawi Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Sebanyak 42 ibu dijadikan responden dan instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan anak disabilitas dan pola asuh orang tua menggunakan Parenting Style and Dimensions Questionnaire (PSDQ). Analisa data menggunakan data univariat untuk mengetahui distribusi frekuensi dan proporsi serta analisa bivariat untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan pola asuh orang tua pada anak disabilitas di SLB Manunggal Slawi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan pola asuh orang tua di SLB Manunggal Slawi dengan nilai p value < α (0,000<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah Karakteristik ibu (81%) berusia >35 tahun, (57,1%) pendidikan menengah, (83,3%) pekerjaan IRT, (61,9%) pendapatan kurang dari UMK, Pengetahuan ibu (52,4%) baik, (47,6%) kurang, (47,6%) pola asuh demokratis, (28,6%) permisif, (23,8%) otoriter. Kata Kunci: Disabilitas, Orang Tua, Pengetahuan dan Pola Asuh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 07:21 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 07:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25215 |
Actions (login required)
View Item |