PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUNGA TELANG TERHADAP EKSPRESI GEN GPx DAN GEN PDGF (Studi eksperimental In Vivo pada Tikus Galur Wistar Dipapar Sinar UV-B)

Putri, Rizka Sofyanti (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUNGA TELANG TERHADAP EKSPRESI GEN GPx DAN GEN PDGF (Studi eksperimental In Vivo pada Tikus Galur Wistar Dipapar Sinar UV-B). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
MBK2016010214_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Latar belakang: Radiasi UVB merupakan faktor utama penyebab penurunan kolagen melalui peningkatan kadar stress oksidatif dan penurunan ekspresi growth factor. Ekstrak bunga telang (Clitorea ternatea) mengandung berbagai senyawa metabolit sekunder yang memiliki aktivitas antioksidan. Namun, peran ekstrak bunga telang terhadap ekspresi gen GPx dan PDGF pada pembentukan kolagen hingga saat ini masih belum jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak bunga telang dalam bentuk sediaan gel terhadap ekspresi GPx dan PDGF pada kulit tikus model collagen loss yang diinduksi paparan sinar UVB. Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan post test control group design. Penelitian ini dibagi menjadi empat kelompok perlakuan yang terdiri dari kelompok sehat, kelompok kontrol UVB, kelompok perlakuan gel ekstrak bunga telang 5% (P1) dan kelompok perlakuan gel ekstrak bunga telang 10% (P2). Setiap kelompok diberi perlakuan UVB dengan 302 nm dengan MED 160 mJ/cm2 selama 5 hari, sedangkan kelompok sehat tidak menerima paparan UVB. Pada kelompok perlakuan P1 dan P2 di berikan gel ekstrak bunga telang pada hari ke-6 sampai hari ke-14. Pada hari ke 14 semua kelompok perlakuan diterminasi dan dianalisis ekspresi gen GPx dan PDGF menggunakan qRT-PCR. Data dianaliasa dengan metode parametrik one way ANOVA dengan nilai signifikansi p<0.05. Hasil: Pada kelompok perlakuan gel ekstrak bunga telang 10% didapatkan peningkatan ekspresi gen GPx (9.51±1.83) dan PDGF (4.36±1.18) dibandingkan dengan kelompok kontrol UVB memiliki ekspresi gen GPx (4.90±1.64) dan ekspresi gen PDGF (0.032±0.01). Kesimpulan: Pemberian gel ekstrak bunga telang berpengaruh secara bermakna terhadap peningkatan ekspresi gen GPx dan PDGF. Kata Kunci: Ekstrak bunga telang, GPx, PDGF, collagen loss

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:58
Last Modified: 20 Dec 2022 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25202

Actions (login required)

View Item View Item