Pengaruh Pemberian Gel Ekstrak Daun Kelor terhadap Ekspresi Gen MMP-3 dan Densitas Kolagen (Studi eksperimental pada tikus wistar dengan penurunan kolagen akibat paparan UVB)

Rachmania, Riska (2022) Pengaruh Pemberian Gel Ekstrak Daun Kelor terhadap Ekspresi Gen MMP-3 dan Densitas Kolagen (Studi eksperimental pada tikus wistar dengan penurunan kolagen akibat paparan UVB). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
MBK2016010212_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Latar belakang : Paparan Sinar UVB dengan intensitas radiasi yang tinggi secara berkepanjangan diketahui mampu menginduksi terbentuknya Reactive Oksigen Species (ROS) pada kulit yang mengaktivasi produksi sitokin pro inflamasi mengaktivasi jalur protein kinase yang kemudian memicu peningkatkan produksi peningkatan MMP-3 yang disekresikan oleh neutrofil untuk mendegradasi kolagen. Moringa Oleifera (daun kelor) memiliki senyawa aktif berupa antosianin dimana berperan sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun kelor terhadap ekspresi gen MMP3 dan densitas kolagen. Metode: Desain penelitian ini post test only control grup dengan metode rancang acak lengkap. Sample yang diteliti 24 ekor tikus dengan paparan sinar UVB dengan panjang gelombang 302 nm dan energi 160mj/cm2/hari selama 5 hari. Penelitian ini dilakukan empat kelompok yaitu kelompok sehat, kelompok kontrol negatif , kontrol perlakuan (p1) dengan gel ekstrak daun kelor 5% dan kontrol perlakuan (p2) dengan gel ekstrak daun kelor 10% Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa gel ekstrak daun kelor 5% dan 10% meningkatkan densitas kolagen secara signifikan pada tikus model yang dipapar UVB dibanding kontrol (p<0.05). Gel ekstrak daun kelor 5% dan 10% juga menurunkan ekspresi gen MMP3 secara signifikan pada tikus model UVB dibanding kontrol (p<0.05). Kesimpulan : Terdapat penurunan ekspresi gen MMP3 dan peningkatan densitas kolagen pada tikus model UVB setelah pemberian gel ekstrak daun kelor 5% dan 10%. Kata kunci : Paparan UVB, MMP-3,Moringa oleifera, Kolagen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:57
Last Modified: 20 Dec 2022 06:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25200

Actions (login required)

View Item View Item