HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DENGAN PERILAKU KONSUMEN GENERASI MILENIAL DALAM PEMBELIAN KOSMETIK DAN OBAT HERBAL MELALUI PEMBELIAN ONLINE DI INDONESIA

Handayani, Setya Tri (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DENGAN PERILAKU KONSUMEN GENERASI MILENIAL DALAM PEMBELIAN KOSMETIK DAN OBAT HERBAL MELALUI PEMBELIAN ONLINE DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
33101600475_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Peredaran produk illegal menimbulkan kerugian bagi kosnumen, khususnya yang masih awam dalam membedakan produk palsu dengan yang asli. Sikap dan perilaku konsumen dalam membeli produk kosmetik maupun obat herbal secara online dapat dipengaruhi oleh pengetahuan mengenai produk, kandungan, keamanan, kadaluwarsa, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dengan perilaku konsumen generasi milenial dalam pembelian kosmetik dan obat herbal melalui pembelian online. Metode dalam penelitian ini adalah observasional, rancangan cross sectional dengan teknik accidental sampling. Sampel berjumlah 130 mahasiswa dari seluruh wilayah di Indonesia. Penelitian dilakukan pada responden yang memenuhi kriteria inklusi yaitu responden laki-laki/perempuan berusia 21-41 tahun dan pernah melakukan pembelian kosmetik atau obat herbal secara online. Kuesioner pada penelitian ini terdiri dari tiga parameter, yaitu pengukuran pengetahuan, sikap, dan perilaku dengan total 20 item. Hasil uji statistik menunjukkan reliabilitas pengetahuan, sikap, perilaku sebesar 0.905, 0.675, dan 0.724. Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan hubungan positif antara pengetahuan dengan perilaku dengan koefisien korelasi 0.322 (p<0.05), hubungan positif antara sikap dengan perilaku degan korelasi 0.313 (p<0.05), korelasi antara sikap dengan pengetahuan dengan nilai korelasi 0.191 (p>0,05). Analisis tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku konsumen didapatkan hasil tingkat pengetahuan baik pada 93% responden, kemudian 97% responden memiliki sikap positif, 92% responden memiliki perilaku baik. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan dan perilaku responden baik, sikap positif, serta terdapat hubungan positif antara pengetahuan, perilaku dan sikap konsumen dalam pembelian obat herbal maupun kosmetik melalui situs online pada generasi milenial. Kata kunci: pengetahuan, sikap, perilaku, online, kosmetik, obat, herbal, milenial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:53
Last Modified: 20 Dec 2022 06:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25194

Actions (login required)

View Item View Item