PENGARUH KONSENTRASI PVA TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SIFAT FISIK MASKER GEL PEEL OFF EKSTRAK ETANOLIK DAUN PUTRI MALU (Mimosa Pudica L)

Krisya, Otta Ganes (2022) PENGARUH KONSENTRASI PVA TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SIFAT FISIK MASKER GEL PEEL OFF EKSTRAK ETANOLIK DAUN PUTRI MALU (Mimosa Pudica L). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
33101600463_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

Daun Putri Malu (Mimosa Pudica L) mempunyai aktifitas antioksidan sehingga dapat dikembangkan menjadi sumber bahan baku kosmetika yang memiliki aktivitas antioksidan. Masker Peel-Off merupakan salah satu kosmetika wajah yang jarang ditemui. Masker Peel-Off yang khas umumnya mengandung bahan aktif, gelling agent, penahan lembab, pengawet dan air. Pemilihan gelling agent merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat formulasi gel. Salah satu bahan gelling agent adalah polivinil alkohol (PVA). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsentrasi PVA terhadap sifat fisik dan aktivitas antioksidan masker gel Peel-Off ekstrak etanolik Mimosa Pudica L. Ekstrak etanolik daun putri malu dengan variasi konsentrasi PVA yaitu 8%, 10% dan 12% di uji sifat fisik masker Peel-Off (organoleptis, homogenitas, pH, viskositas dan waktu kering) dan parameter aktivitas antioksidan. Dari ketiga formula dengan variasi konsentrasi 8%, 10% dan 12%, hasi uji sifat fisik masker gel Peel-Off ekstrak etanolik daun putri malu meliputi organoleptis, daya sebar, uji pH, viskositas, daya lekat dan waktu kering memenuhi persyaratan, serta memiliki aktivitas antioksidan yang cukup tinggi dalam setiap penambahan konsentrasi PVA. Didapatkan nilai IC50 dari Masker Peel-Off EEDPM formula 1 menghasilkan IC50 sebesar 5,505 μg/l, formula II menghasilkan 1,088 μg/ml dan formula III sebesar 0,606 μg/ml yang artinya ketiga formula memiliki aktivitas antioksidan yang kuat. Kesimpulan yang diambil bahwa ekstrak etanolik daun putri malu dari masker Peel-Off dengan beberapa variasi konsentrasi PVA memiliki aktivitas antioksidan. Semakin tinggi konsentrasi PVA, maka semakin tinggi pula aktivitas antioksidannya. Kata kunci : Mimosa Pudica L, Daun Putri Malu, Antioksidan, Masker Peel-Off

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:50
Last Modified: 20 Dec 2022 06:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25192

Actions (login required)

View Item View Item