PENGARUH PEMBERIAN GEL EKSTRAK BUNGA TELANG TERHADAP EKSPRESI TNF-α DAN EKSPRESI CASPASE-3 (Studi In Vivo pada Tikus Galur Wistar yang dipapar UVB)

Cahyani, Elvana (2022) PENGARUH PEMBERIAN GEL EKSTRAK BUNGA TELANG TERHADAP EKSPRESI TNF-α DAN EKSPRESI CASPASE-3 (Studi In Vivo pada Tikus Galur Wistar yang dipapar UVB). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
MBK2016010197_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Iradiasi Ultraviolet B (UVB) dapat menurunkan jumlah kolagen akibat dari peningkatan produksi Reactive Oxygen Species (ROS) yang meningkatkan pelepasan faktor inflamasi serta memodulasi apoptosis sel fibroblast. Ekstrak bunga telang (Clitoria ternatea L.) diketahui memiliki kandungan berbagai senyawa metabolit sekunder yang bersifat antioksidan. Namun, peran ekstrak bunga telang terhadap ekspresi gen TNF-α dan Caspase-3 masih belum jelas. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh pemberian topikal Ekstrak Bunga Telang dalam sediaan gel terhadap ekspresi TNF-α dan Caspase-3 pada tikus galur Wistar yang dipapar UVB. Metode: Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan desain post test only control group. Penelitian ini dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan yang terdiri dari kelompok sehat, kontrol UVB, perlakuan gel ekstrak bunga telang 5% (P1) dan 10% (P2). Masing-masing diberi paparan UVB setiap hari selama 5 hari dengan MED 160 mJ/cm2, kecuali kelompok sehat tidak diberi paparan UVB. Pemberian topikal gel ekstrak bunga telang dilakukan setiap hari selama 14 hari. Pada hari ke-20, dilakukan terminasi dan dianalisis Ekspresi TNF-α dan Caspase-3 menggunakan qRT-PCR. Analisis data menggunakan uji Kruskal Wallis dilanjutkan uji Mann Whitney. Hasil: Pada kelompok perlakuan gel ekstrak bunga telang 10% didapatkan penurunan ekspresi gen TNF-α (2,8 ± 1,0) dan Caspase-3 (1,04 ± 0,23) dibandingkan kelompok kontrol UVB memiliki ekspresi gen TNF-α (6,1 ± 2,2) dan Caspase-3 (3,80 ± 1,39). Kesimpulan: Pemberian gel ekstrak bunga telang berpengaruh secara bermakna terhadap penurunan ekspresi TNF-α dan Caspase-3 pada tikus yang dipapar UVB. Kata Kunci: Ekstrak bunga telang, TNF-α, Caspase-3, UVB.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:49
Last Modified: 20 Dec 2022 06:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25191

Actions (login required)

View Item View Item