PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUNGA TELANG TERHADAP EKSPRESI GEN TGF- β DAN DENSITAS KOLAGEN (Studi Eksperimental in Vivo Pada Tikus Jantan Galur Wistar Dengan Penurunan Kolagen Akibat Terpapar UVB Intensitas Tinggi)

Hutapea, Christin Magdalena (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUNGA TELANG TERHADAP EKSPRESI GEN TGF- β DAN DENSITAS KOLAGEN (Studi Eksperimental in Vivo Pada Tikus Jantan Galur Wistar Dengan Penurunan Kolagen Akibat Terpapar UVB Intensitas Tinggi). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
MBK2016010195_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Latar Belakang: Sinar UVB yang diemisikan matahari memicu peningkatan reactive oxygen species (ROS) yang berdampak pada penurunan kolagen jaringan kulit. Peningkatan ROS juga menginhibisi produksi growth factor prokolagen seperti Transforming Growth Factor β (TGF-β) sehingga berujung pada penghambatan sintesis kolagen. Senyawa yang terkandung dalam bunga Telang, seperti antosianin diketahui berperan dalam menghambat produksi ROS paparan sinar UVB sehingga dapat menghambat degradasi kolagen pada jaringan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian gel ekstrak bunga Telang terhadap ekspresi gen TGF-β dan densitas kolagen pada jaringan kulit tikus yang terpapar UVB intensitas tinggi. Metode: Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain post-test only control group menggunakan 4 kelompok penelitian, yaitu 1 kelompok tikus sehat, 1 kelompok tikus UVB dan 2 kelompok perlakuan; terdiri dari tikus yang diberi gel ekstrak bunga telang 5% dan 10%. Densitas kolagen pada sampel dianalis menggunakan masson trichome (MT), sedangkan ekspresi gen TGFb dianalisis menggunakan qRT-PCR. Hasil: Analisis qRT-PCR menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rerata ekspresi relatif gen TGF-β yang signifikan antara P2 dibandingkan kontrol negatif (p<0.05). Analisis MT juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rerata densitas kolagen yang signifikan pada P1 dan P2 dibandingkan kontrol negatif (p<0.05). Kesimpulan: Pemberian gel ekstrak Bunga telang mampu berperan dalam peningkatan ekspresi gen TGFb dan densitas kolagen pada tikus yang diberi sinar UVB.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:48
Last Modified: 20 Dec 2022 06:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25190

Actions (login required)

View Item View Item