PENGARUH PEMBERIAN JUS ALPUKAT (Persea americana M.) TERHADAP KADAR MDA DAN KADAR TNF-α (Studi Eksperimental Pada Tikus Wistar Jantan Yang Diberi Paparan Asap Rokok)

Effendi, Anita Putri (2022) PENGARUH PEMBERIAN JUS ALPUKAT (Persea americana M.) TERHADAP KADAR MDA DAN KADAR TNF-α (Studi Eksperimental Pada Tikus Wistar Jantan Yang Diberi Paparan Asap Rokok). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
mbk2016010192_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Latar Belakang : Rokok merupakan sumber radikal bebas eksogen yang mengganggu keseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh, yang mengakibatkan stres oksidatif. Stress oksidatif mengakibatkan kerusakan jaringan yang memicu reaksi inflamasi di sel endotel pembuluh darah yang ditandai dengan dilepaskannya mediator-mediator inflamasi berupa sitokin-sitokin terutama TNF-α. Untuk mengetahui pengaruh pemberian jus alpukat (Persea americana M.) terhadap kadar MDA dan Kadar TNF-α Metode : Jenis penelitian adalah eksperimental laboratorium dengan pendekatan post test only control group design. Subyek penelitian sebanyak 20 ekor tikus wistar yang masuk kriteria inklusi dibagi menjadi 4 kelompok secara acak yaitu K1, K2, K3, dan K4. Kelompok K1 diberikan pakan standard tanpa diberi paparan asap rokok dan K2 diberikan pakan standard yang diberi paparan asap rokok selama 14 hari. Kelompok K3 dan K4 diberi jus alpukat dengan dosis 2,7 gram/200g BB/hari dan 5,4 gram/200g BB/hari. Pada hari ke 15, tikus wistar jantan kemudian diambil darahnya guna pemeriksaan kadar MDA dan kadar TNF-α. Data di analisis menggunakan uji normalitas dengan uji Shapiro Wilk, uji homogenitas data dengan uji Levene test dan dilanjutkan dengan uji One Way Anova. Hasil : Rerata kadar MDA dan kadar TNF-α tertinggi pada kelompok K2 dibanding kelompok K1,K3, dan K4. Uji One Way Anova pada kadar MDA dan TNF-α menunjukkan perbedaan signifikan terhadap antar kelompok dengan nilai p = 0,000. Kesimpulan : Pemberian jus alpukat dengan dosis 2,7 gram/200g BB/hari dan 5,4 gram/200g BB/hari, dapat menurunkan kadar MDA dan TNF-α pada tikus wistar setelah pemberian asap rokok. Kata kunci : Jus Alpukat, MDA, TNF-α, Asap Rokok

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:31
Last Modified: 20 Dec 2022 06:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25187

Actions (login required)

View Item View Item