PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUNGA TELANG (CLITORIA TERNATEA L.) TERHADAP KADAR GDP, HbA1c, DAN MDA (MALONDIALDEHYDE) (Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang Diinduksi Nikotinamid-Streptozotosin)

Intisari, Dewi (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUNGA TELANG (CLITORIA TERNATEA L.) TERHADAP KADAR GDP, HbA1c, DAN MDA (MALONDIALDEHYDE) (Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang Diinduksi Nikotinamid-Streptozotosin). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
MBK2015010172_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)

Abstract

Latar belakang: Prevalensi diabetes mellitus (DM) tipe 2 terus meningkat di seluruh dunia. Pasien dengan DM tipe 2 rentan mengalami komplikasi jangka pendek dan jangka panjang. Pemeriksaan HbA1c rutin dapat dilakukan untuk mengukur kadar glikemik dan berhubungan dengan risiko komplikasi DM. Stress oksidatif berperan penting dalam patogenesis dan komplikasi DM. Salah satu biomarker peroksidasi lipid adalah malondialdehyde (MDA), yang kadarnya ditemukan meningkat pada pasien DM. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kadar GDP, HbA1c, dan MDA pada tikus DM yang diinduksi STZ-NA. Metode: Pada penelitian post test only control group ini menggunakan 36 tikus putih jantan galur wistar dibagi menjadi 6 kelompok ; K N (pellet dan air), K – (STZ-NA), K + (STZ-NA + akarbose), P. I (STZ-NA + ekstrak bunga telang 150 mg/kgBB), P. II (STZ-NA + ekstrak bunga telang 300 mg/kgBB), dan P. III (STZ-NA + ekstrak bunga telang 600 mg/kgBB). Kadar GDP, HbA1c, dan MDA plasma diukur setelah 28 hari perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji Kruskal Wallis dan one way anova. Hasil: Kadar GDP (90.430.94) terendah ditemukan pada kelompok P.III. Hasil uji Kruskal Wallis kadar GDP didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05), yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antar kelompok perlakuan. Kadar MDA (3.130.09) dan HbA1c (26.040.13) terendah ditemukan pada kelompok P.III. Hasil uji one way anova kadar MDA dan HbA1c didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05), yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antar kelompok perlakuan. Kesimpulan: Pemberian ekstrak bunga telang berpengaruh terhadap kadar GDP, HbA1c, dan MDA pada tikus putih DM yang diinduksi STZ-NA. Kata kunci : GDP, HbA1c, MDA, diabetes mellitus, acarbose.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 06:10
Last Modified: 20 Dec 2022 06:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25177

Actions (login required)

View Item View Item