PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KULIT DELIMA SECARA ORAL TERHADAP KADAR IL-6, VEGF DAN JUMLAH KOLAGEN (Studi Eksperimental pada Tikus Jantan Galur Sprague Dawley yang diberi luka bakar derajat II)

Sangkota, Risyaningsi (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KULIT DELIMA SECARA ORAL TERHADAP KADAR IL-6, VEGF DAN JUMLAH KOLAGEN (Studi Eksperimental pada Tikus Jantan Galur Sprague Dawley yang diberi luka bakar derajat II). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
MBK1914010161_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Latar Belakang : Penyembuhan luka bakar merupakan proses yang kompleks. Perawatan dan rehabilitasi luka bakar memerlukan ketekunan, biaya mahal, tenaga terlatih dan terampil. Oleh karena itu, diperlukan terobosan untuk mengatasi masalah ini dengan cara yang efektif, aman, dan terjangkau. Salah satu alternatif terobosannya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti kulit delima. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak kulit delima secara oral terhadap kadar IL-6, VEGF dan jumlah kolagen pada tikus jantan galur sprague dawley yang diberi luka bakar derajat II. Metode : Penelitian menggunakan ekperimental dengan pendekatan post test only control group design. Subyek penelitian berjumlah 24 ekor tikus jantan galur sprague dawley yang dibagi secara acak menjadi 4 kelompok. Kelompok K, P1, P2, dan P3. Kelompok P1, P2, dan P3 diberi luka bakar derajat II dan pemberian ekstrak kulit delima dengan dosis 54, 108, 162 mg/200 gr BB. Pada hari ke 3 dilakukan pemeriksaan IL-6 di PSPG UGM dan hari ke 7 dilakukan terminasi dan dilakukan pemeriksaan VEGF dan jumlah kolagen di SSCR FK UNISSULA pada Januari 2022. Hasil : Uji One Way Anova menunjukkan kadar IL-6, VEGF dan jumlah kolagen pada antar kelompok terdapat perbedaan signifikan dengan masing-masing nilai p=0.000, p=0.029 dan p=0.000 (p<0,05). Kesimpulan: Pemberian ekstrak kulit delima dengan dosis 54, 108, 162 mg/200 gr BB dapat menurunkan kadar IL-6, meningkatkan VEGF, dan meningkatkan jumlah kolagen pada tikus jantan galur sprague dawley yang diberi luka bakar derajat II. Kata Kunci : kulit delima, Interleukin-6, VEGF, jumlah kolagen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:23
Last Modified: 20 Dec 2022 04:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25171

Actions (login required)

View Item View Item