PENGARUH KOMBINASI SEKRETOM HYPOXIA MSCs DENGAN VITAMIN D3 TERHADAP EKSPRESI GEN SOD, IL-10 dan TNF-α (Studi Eksperimental In Vivo pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar model DM Tipe 2 dan Periodontitis)

Muchaeroni, Isa Anshori (2022) PENGARUH KOMBINASI SEKRETOM HYPOXIA MSCs DENGAN VITAMIN D3 TERHADAP EKSPRESI GEN SOD, IL-10 dan TNF-α (Studi Eksperimental In Vivo pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar model DM Tipe 2 dan Periodontitis). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
mbk1914010155_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Latar belakang : Diabetes melitus tipe 2 (DMT2) merupakan gangguan metabolisme sistemik yang ditandai dengan resistensi insulin. Kondisi DMT2 ditandai dengan peningkatan kadar reactive oxygen species, penurunan superoxide dismutase (SOD) yang berhubungan dengan pengaktifan jalur sitokin proinflamasi seperti tumor necrosis alpha (TNF-α) dan mampu menstimulasi terjadinya periodontitis. Secretome Hypoxia Mesenchymal Stem Cells mengandung soluble molecule anti inflamasi seperti interleukin-10 dan growth factor. Vitamin D3 mampu menghambat pelepasan mediator inflamasi dan bermanfaat mengurangi resiko periodontitis kronis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi SH-MSCSs dengan vitamin D3 terhadap ekspresi gen SOD, IL-10 dan TNF-α pada tikus model DMT2 dan periodontitis. Metode : Penelitian ini menggunakan 30 ekor tikus yang dibagi menjadi lima kelompok; kondisi normal (Sh), kelompok SH-MSCs dan Vitamin D3 (P1), kelompok vitamin D3 (P2), kelompok SH-MSCs (P3) dan kontrol positif (K). SH-MSCs disuntikkan pada dosis 150 µL di gingiva. Selain itu, vitamin D3 5000 IU 2,25 mcg diberikan secara oral. Setelah 35 hari, semua tikus diterminasi dan dilakukan koleksi jaringan gingiva untuk mengidentifikasi ekspresi gen SOD, IL-10 dan TNF-α. Hasil : Hasil penelitian didapatkan peningkatan ekspresi gen SOD, IL-10 secara bermakna (p<0,000) dan penurunan ekspresi gen TNF-α secara bermakna (p<0,000) dibanding kontrol. Kesimpulan : Pemberian kombinasi SH-MSCS dengan vitamin D3 terbukti secara bermakna dalam meningkatkan ekspresi gen SOD dan IL-10. Pemberian SH-MSCs terbukti secara bermakna dalam menurunkan ekspresi gen TNF-α. Kata kunci : SOD, IL-10, TNF-α, Diabetes Melitus Tipe II, Periodontitis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:18
Last Modified: 20 Dec 2022 04:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25169

Actions (login required)

View Item View Item