PENGARUH MESENCHYMAL STEM CELLS YANG DIINDUKSI PACLITAXEL TERHADAP EKSPRESI NF-KB (P50/P65) DAN EKSPRESI P53 PADA SEL PUNCA KANKER PAYUDARA (Uji in-Vitro pada Sel Kanker Payudara MDA-MB231)

Makarim, Fadhli Rizal (2022) PENGARUH MESENCHYMAL STEM CELLS YANG DIINDUKSI PACLITAXEL TERHADAP EKSPRESI NF-KB (P50/P65) DAN EKSPRESI P53 PADA SEL PUNCA KANKER PAYUDARA (Uji in-Vitro pada Sel Kanker Payudara MDA-MB231). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
MBK1913010142_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Latar belakang: Resistensi pada terapi kanker payudara menjadi salah satu penyebab tingginya rekurensi kanker payudara. Rekurensi ini disebabkan oleh terapi yang tidak menargetkan pada sel punca kanker payudara. Vesikel ekstraseluler mampu menawarkan sistem penghantaran obat secara tertarget pada kemoterapi sehingga dapat mengurangi efek samping kemoterapi. Mesenchymal stem cells (MSCs) mampu menghasilkan vesikel ekstraseluler setelah induksi paclitaxel, sehingga dapat dijadikan agen pembawa kemoterapi. Kemampuan homing MSCs mampu membawa obat kemoterapi masuk ke dalam mikrotubulus sel kanker. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi co-culture sel punca kanker payudara dengan MSCs yang telah diinduksi paclitaxel untuk melihat ekspresi NF-kB (p50/p65) dan ekspresi gen p53 pada sel punca kanker payudara. Metode: Penelitian eksperimental dilakukan dengan melakukan co-culture isolasi sel punca kanker payudara dengan mesenchymal stem cells yand telah diinduksi dengan paclitaxel dalam dosis perbandingan P1=4:1; P2=2:1; dan P3=1:1 dibandingkan dengan kelompok kontrol (K). Setelah co-culture selama 24 jam, hasil kultur diperiksa untuk ekspresi NF-kB (p50/p65) dan p53 melalui qRT-PCR. Hasil: Didapatkan penurunan ekspresi NF-kB (p50/p65) yang bermakna (P<0,005) pada kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol dan peningkatan yang bermakna ekspresi gen p53 dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan: Pemberian mesenchymal stem cells yang diinduksi paclitaxel pada sel punca kanker payudara berpengaruh terhadap penurunan ekspresi NF-kB dan peningkatan ekspresi gen p53 Kata Kunci: Sel punca kanker payudara, mesenchymal stem cells, paclitaxel, NF-kB, p53

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:01
Last Modified: 20 Dec 2022 04:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25164

Actions (login required)

View Item View Item