ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI DALAM PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (Studi Perbandingan Hukum Antara Indonesia Dan Selandia Baru)

Nurhasan, Hamzah (2021) ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI DALAM PENYELESAIAN PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL (Studi Perbandingan Hukum Antara Indonesia Dan Selandia Baru). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
20301900206_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap penerapan pertanggungjawaban pidana korporasi dalam penyelesaian Perselisihan hubungan Industrial di Negara Indonesia dengan membandingkannya dengan penerapan pertanggungjawaban pidana korporasi dalam penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial di Negara Selandia Baru, dengan tujuan jangka panjang adalah harmonisasi pengaturan pertanggungjawaban pidana korporasi, sehingga terwujudnya kepastian, kemanfaatan dan keadilan hukum dalam penegakan hukum di Indonesia. Terwujudnya kepastian, kemanfaatan dan keadilan hukum dipandang masih jauh untuk diwujudkan mengingat sangat beragamnya perumusan pertanggungjawaban pidana korporasi dalam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Untuk mendukung terwujudnya harmonisasi dalam pengaturan pertanggungjawaban pidana korporasi dalam perundang-undangan tersebut perlu dilakukan pengkajian terhadap pengaturan pertanggungjawaban pidana korporasi di negara lain dalam hal ini sistem peradilan pidana korporasi di negara Selandia Baru sebagai pembanding. bagaimana pengaturan pertanggungjawaban pidana korporasi di negara Selandia Baru yang menggunakan common law system? bagaimana konsep pengaturan pertanggungjawaban pidana korporasi yang sesuai dengan standar hukum internasional? Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan dan target penelitian adalah penelitian hukum normatif dengan metode pendekatan undang-undang, konseptual, dan komparatif. Bahan hukum yang dipergunakan mencakup bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, dengan analisa bahan hukum yang dipilih adalah content analysis dengan memakai interpretasi hukum gramatikal, sistematis dan teologis dan ditekankan untuk menghasilkan konsep pertanggungjawaban pidana korporasi, melalui kegiatan inventarisasi dan analisa secara mendalam dan perbandingan dari perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan di Selandia Baru sehingga bisa diketahui titik persamaan dan perbedaan dalam penerapan hukum pertanggungjawaban pidana korporasi serta keunggulan dan kelemahannya. Kata Kunci : korporasi, inventarisasi, pertanggungjawaban pidana korporasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:57
Last Modified: 28 Jul 2022 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24986

Actions (login required)

View Item View Item