ANALISIS PENGARUH PAJAK, MEKANISME BONUS DAN TUNNELING TERHADAP MANAJEMEN LABA MELALUI TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2015-2019)

Anggraini, Hasna Putri (2020) ANALISIS PENGARUH PAJAK, MEKANISME BONUS DAN TUNNELING TERHADAP MANAJEMEN LABA MELALUI TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2015-2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
31401900217_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pajak, mekanisme bonus dan tunneling terhadap manajemen laba dengan transfer pricing sebagai variabel intervening. Variabel Dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen laba dan Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pajak, mekanisme bonus, dan tunneling, sedangkan transfer pricing menjadi Variabel Intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index di Tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Data penelitian berupa laporan tahunan dan laporan keuangan yang diterbitkan oleh JII. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel transfer pricing tidak memediasi hubungan antara pajak dengan manajemen laba, memediasi hubungan antara mekanisme bonus dengan manajemen laba dan tidak memediasi hubungan antara tunneling dengan manajemen laba. Kata kunci: pajak, mekanisme bonus, tunneling, manajemen laba, transfer pricing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:31
Last Modified: 25 Jul 2022 01:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24952

Actions (login required)

View Item View Item