ANALISIS PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2015 - 2019)

Rostriana, Hana (2021) ANALISIS PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2015 - 2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401900215_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage dan ukuran perusahaan, terhadap tax avoidance dengan manajemen laba sebagai variabel intervening. Tax avoidance merupakan salah satu kebijakan manajemen dalam mengelola laba perusahaan. Namun tindakan ini masih dilegalkan pemerintah selama tidak melanggar peraturan perpajakan. Tax avoidance dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti adanya hutang perusahaan yang dapat meningkatkan tax avoidance dengan cara menurunkan nilai laba, sehingga meminimalisir pajak terutang. Selain itu ada faktor lain yang dapat mempengaruhi tax avoidance seperti ukuran perusahaan. Hal tersebut dapat terjadi karena dengan melihat indikator besar kecilnya perusahaan dapat menilai seberapa besar penghindaran pajak yang mungkin dilakukan. Semakin kecil sebuah perusahaan akan semakin rendah pula pengawasan investornya yang dapat meningkatnya praktik tax avoidance. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Data penelitian berupa laporan tahunan dan laporan keuangan yang diterbitkan oleh JII. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS versi 22. Kata kunci: Leverage, ukuran perusahaan, manajemen laba, tax avoidance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:38
Last Modified: 27 Jul 2022 01:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24949

Actions (login required)

View Item View Item