PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI TAHUN 2016-2019

Paramudita, Oktaviani Tria (2021) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI TAHUN 2016-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
31401800295_fullpdf.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap praktik perataan laba pada perusahaan manufaktur di BEI. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengaruh corporate governance dan ukuran perusahaan dan variabel independen penelitian ini adalah kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan komisaris independen, komite audit, reputasi auditor dan ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan 69 sampel perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016 - 2019. Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi setelah dilakukan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemilikan manajerial, komisaris independen, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap praktik perataan laba. Sedangkan, kepemilikan institusional, komite audit, reputasi audit, tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba. Kata Kunci: corporate governance, perataan laba, ukuran perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:26
Last Modified: 02 Aug 2022 01:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24943

Actions (login required)

View Item View Item