PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DALAM BEI TAHUN 2017-2019

Putri, Larasati Septiara (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DALAM BEI TAHUN 2017-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401800291_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2017-2019 sebesar 141 perusahaan. Dengan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling, maka diperoleh jumlah sampel sebesar 88 perusahaan. Alat analisisnya adalah regresi linier berganda, dimana sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik. Berdasarkan pengujian menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba, artinya perusahaan sedang dilakukan pengawasan yang ketat dari pihak pemerintah, analis, dan investor yang ikut menjalankan perusahaan sehingga menyebabkan manajer tidak berani untuk melakukan praktik Manajemen Laba. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Manajemen Laba, artinya semakin tinggi keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan maka semakin tinggi pula praktik Manajemen Laba yang dilakukan pihak manajer. Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Manajemen Laba, artinya semakin besar Leverage maka semakin kecil peluang terjadinya praktek manajemen laba pada suatu perusahaan, karena semakin tinggi rasio Leverage, menunjukkan kurang baiknya keadaan keuangan perusahaan sehingga pengawasan yang dilakukan oleh kreditur akan semakin ketat serta tinggi pula risiko keuangan yang ditanggung oleh perusahaan. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:30
Last Modified: 25 Jul 2022 01:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24941

Actions (login required)

View Item View Item