Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Manajemen Laba Sektor Infrastruktur, Utilitas Dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018

Frismasari, Diana Panggih (2021) Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Manajemen Laba Sektor Infrastruktur, Utilitas Dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
31401700221_fullpdf.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pentingnya informasi tentang laba ini membuat penyusunan laporan keuangan dalam membuat informasi tentang laba perlu disajikan setransparan mungkin agar tidak memberikan informasi yang salah bagi penggunanya, yang disebut dengan manajemen laba. Adanya fenomena gap research dan didukung oleh fenomena manajemen laba yang baru saja terjadi menunjukkan bahwa manajemen laba perlu diteliti lebih lanjut dengan menggunakan variabel kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit independen dan ukuran dewan komisaris. direktur di sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi. tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial. kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit independen, ukuran dewan direksi pada manajemen laba perusahaan sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 54 perusahaan di sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Alat analisis yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis, koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen dan komite audit independen tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan kepemilikan institusional dan ukuran dewan direksi berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Kata kunci: manajemen laba, kepemilikan manajerial. kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit independen, ukuran dewan direksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:31
Last Modified: 27 Jul 2022 01:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24913

Actions (login required)

View Item View Item