PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM INDEKS KOMPAS100 SELAMA PERIODE 2018-2020)

Sari, Alviana Kartika (2021) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM INDEKS KOMPAS100 SELAMA PERIODE 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
31401700192_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang pengaruh karakteristik perusahaan dan corporate governance terhadap pengungkapan sustainability report. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, tipe industri, dewan direksi, komite audit, governance committee. Variabel dependen yang digunakan adalah pengungkapan sustainability report. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 87 perusahaan yang terdaftar dalam indeks Kompas100. Teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan periode 2018-2020. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Regresi Linier Berganda dan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan komite audit berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan tipe industri, dewan direksi dan governance committee tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Kata kunci : sustainability report, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, tipe industri, dewan direksi, komite audit, governance committee

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:50
Last Modified: 22 Jul 2022 01:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24907

Actions (login required)

View Item View Item