PENGARUH PENERAPAN PRINSIP SYARIAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PENGUSAHA MUSLIM UMKM DI KOTA SEMARANG DENGAN KEBERHASILAN PENJUALAN ONLINE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Apta, Aldiyono (2021) PENGARUH PENERAPAN PRINSIP SYARIAH TERHADAP KINERJA KEUANGAN PENGUSAHA MUSLIM UMKM DI KOTA SEMARANG DENGAN KEBERHASILAN PENJUALAN ONLINE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401700191_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

Dalam UMKM, hal yang paling utama dalam berwirausaha adalah tercapainya keberhasilan online. Dimana pada era digital sekarang ini banyak UMKM yang memanfaatkan teknologi informasi berbasis jejaring sosial dalam bentuk aplikasi GoFood dan GrabFood guna meningkatkan penjualan secara online. faktor yang sangat berpengaruh dalam mencapai keberhasilan penjualan online yaitu Kinerja Keuangan yang merupakan gambaran tentang keberhasilan perusahaan berupa hasil yang telah dicapai dari berbagai aktivitas yang dilakukan. Dalam mengembangkan usaha nya pengusaha muslim harus memiliki aturan-aturan yang tidak melanggar norma-norma islam dalam mengembangkan usahanya. Metode penelitian ini adalah Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dan sampel sebanyak 100 dengan metode Purposive Sammpling. Data primer dengan menyebar kuesioner. Melakukan uji kualitas data, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, pengujian hipotesis dan uji sobel test. Secara keseluruhan hasil regresi linier sederhana dan uji hipotesis dapat disimpulkan secara simultan (Uji F) nilai probabilitas < 0,05 yaitu 0,000. Uji t nilai signifikasi < 0,005 yaitu 0,00. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,211 berarti 21,1% yang menunjukkan bahwa variabel terikat Kinerja keuangan variasinya dapat dijelaskan oleh variabel bebas Penerapan prinsip syariah, sedangkan sisanya sebesar 78,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. nilai Sobel Test Statisticnya sebesar 4,594 dengan nilai probability sebesar 0.000 < 0.05. Dari penjelasan diatas menunjukkan bahwa artinya variabel Penerapan prinsip syariah berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan, Penerapan prinsip syariah berpengaruh positif signifikan terhadap keberhasilan penjualan online, keberhasilan penjualan online berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, dan Keberhasilan Penjualan Online memediasi secara signifikan pengaruh Penerapan Prinsip Syariah terhadap Kinerja Keuangan. Kata Kunci : UMKM, Penerapan Prinsip Syariah, Kinerja Keuangan, Keberhasilan Penjualan Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:05
Last Modified: 28 Jul 2022 02:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24905

Actions (login required)

View Item View Item