PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kabupaten Kendal)

Wafiyah, Chofifah (2021) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kabupaten Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401700045_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

UMKM merupakan sebuah usaha ekonomi produktif yang memiliki jumlah kekayaan dan penjualan tahunan tertentu, serta memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian di Indonesia dan terbukti secara langsung dampak keberadaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Literasi Keuangan dan Etika Bisnis Islam terhadap Kinerja Bisnis UMKM. Literasi keuangan berperan penting dalam meningkatkan kinerja usaha. Tingkat pengetahuan keuangan yang baik serta pengambilan keputusan yang tepat akan meningkatkan kinerja usaha. Selain literasi keuangan etika bisnis islam juga berperan penting dalam meningkatkan kinerja bisnis, karena Kunci sukses dalam berbisnis terletak pada etika yang diterapkan dalam berbisnis, etika bisnis termasuk hal yang paling penting dalam membangun kiprah sebuah usaha untuk meningkatkan kinerja usahanya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis data yang digunakan yaitu data primer. Populasi dalam penelitian adalah pelaku UMKM di Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Analisi penilaian outer model, uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis penilaian inner model (model struktural) dengan koefisien determiniasi (R2) dan uji hipotesis. Hasil pengolahan data, uji validitas dan uji reliabilitas menunjukkan hasil valid dengan nilai composite reliability diatas 0,70 dan nilai AVE (Average Variance Extracted) diatas 0,50. Uji koefisien determinasi (R2) memiliki pengaruh sebesar 37,5%. Uji hipotesis menunjukkan bahwa literasi keuangan bepengaruh secara signifikan tehadap kinerja bisnis UMKM dan etika bisnis berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja bisnis UMKM. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Etika Bisnis Islam, Kinerja Bisnis UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:48
Last Modified: 22 Jul 2022 01:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24892

Actions (login required)

View Item View Item