Peran Iman Dalam Memoderasi Hubungan Antara Modal Usaha & Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis Pengusaha Muslim UMKM Di Jawa Tengah (Studi Kasus Pada UMKM di Kabupaten Grobogan)

Hapsari, Alvi Dwi (2021) Peran Iman Dalam Memoderasi Hubungan Antara Modal Usaha & Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis Pengusaha Muslim UMKM Di Jawa Tengah (Studi Kasus Pada UMKM di Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
31401700018_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kondisi pandemic covid-19 saat ini mengakibatkan seluruh sistem perekonomian yang mulai melemah. Pelaku usaha UMKM menjadi salah satu sumber pendapatan negara mengalami penurunan yang signifikan terutama dalam hal modal usaha dan orientasi kewirausahaan. Pengolahan modal usaha serta meningkatkan orientasi kewirausahaan sangat penting dalam perkembangan usaha, karena jika hal tersebut tidak dikembangkan dengan baik maka kinerja bisnis akan terhambat bahkan dapat mengalami kerugian dalam berbisnis. Jenis penelitian kuantitatif. Jenis data penelitian primer. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang berada di Jawa Tengah khususnya untuk Kabupaten Grobogan. Metode pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 3.0 yang didalamnya berupa analisis penilaian outer model yang terdiri dari uji validitas, validitas diskriminan, uji reliabilitas, sedangkan analisis inner model terdiri dari koefisien determinasi, uji kebaikan, uji hipotesis. Hasil dari uji validitas menunjukan valid dan sangat baik dengan nilai outer loading diatas 0,7. Uji reliabilitas menunjukkan nilai > 0,7 yang artinya uji tersebut reliabel. Uji kebaikan model (GoF) memiliki pengaruh sebesar 0,486. Uji hipotesis menunjukkan bahwa modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, iman sebagai variabel moderasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap hubungan antara modal usaha terhadap kinerja bisnis, dan iman sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja bisnis. Kata kunci: Modal Usaha, Orientasi Kewirausahaan, Iman, Kinerja Bisnis, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:17
Last Modified: 26 Jul 2022 01:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24889

Actions (login required)

View Item View Item