PENGARUH INSENTIF PAJAK TERHADAP KINERJA DAN PERTUMBUHAN UMKM DI KOTA SEMARANG SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada UMKM Kota Semarang)

Saphira, Aisyah Dinda (2021) PENGARUH INSENTIF PAJAK TERHADAP KINERJA DAN PERTUMBUHAN UMKM DI KOTA SEMARANG SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada UMKM Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
31401700014_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

UMKM merupakan tulang punggung sistem penanggulangan kemiskinan perekonomian rakyat dan perkembangannya mampu memperluas basis ekonomi serta dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan perekonomian daerah. Namun sejak pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia berdampak buruk bagi UKM. Pertumbuhan UMKM dan kinerja UMKM terancam turun karena banyak UMKM yang memilih tutup. Pemerintah sebagai regulator menjalankan salah satu fungsi perpajakan yaitu fungsi pengaturan perpajakan dengan memberikan insentif perpajakan kepada UMKM yang terdampak pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh insentif pajak terhadap kinerja UMKM dan pertumbuhan UMKM sektor industri makanan di kota Semarang selama pandemi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei terhadap 100 usaha mikro yang telah mendapatkan insentif pajak PPh Final dari Direktorat Jenderal Pajak. Jenis analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji kualitas data, klasik uji asumsi, analisis regresi sederhana dan uji hipotesis yang diolah menggunakan Perangkat lunak IBM SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana pinjaman bergulir dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Semarang dapat membantu usaha mikro di kota Semarang untuk meningkatkan kinerja UMKM di kota semarang selama masa pandemi. Namun di sisi lain, insentif pajak tidak dapat membantu untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM di kota semarang selama pandemi covid-19. Kata Kunci : UMKM, Insentif Pajak, Kinerja UMKM, Pertumbuhan UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:24
Last Modified: 01 Aug 2022 01:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24888

Actions (login required)

View Item View Item