PENGARUH PENGETAHUAN PEMILIK, SKALA USAHA, DAN UMUR USAHA TERHADAP KEBERHASILAN KINERJA USAHA DENGAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (SURVEI PADA PEMILIK USAHA UMKM MAKANAN DI KABUPATEN BLORA)

Satria, Agung (2021) PENGARUH PENGETAHUAN PEMILIK, SKALA USAHA, DAN UMUR USAHA TERHADAP KEBERHASILAN KINERJA USAHA DENGAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (SURVEI PADA PEMILIK USAHA UMKM MAKANAN DI KABUPATEN BLORA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401700009_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan pemilik, skala usaha, umur usaha terhadap keberhasilan kinerja usaha dengan penggunaan informasi akuntansi sebagai variabel moderasi. Pandemi covid19 telah mengubah seluruh aspek kehidupan manusia baik dari segi kesehatan hingga ekonomi. UMKM di Kabupaten Blora merupakan salah satu industri yang terkena dampak dari pandemi. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) pemilik makanan khas Blora. Melalui penelitian ini diperoleh 30 responden dengan berbagai macam Usaha. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan linier berganda regresi dan MRA menunjukkan bahwa: (1) pengetahuan pemilik berpengaruh negatif signifikan pengaruh terhadap keberhasilan kinerja usaha; (2) skala usaha berpengaruh positif signifikan terhadap keberhasilan kinerja usaha; (3) umur usaha pengaruh negatif signifikan terhadap keberhasilan kinerja usaha; (4) penggunaan informasi akuntansi dimoderasi secara negatif terhadap hubungan pengetahuan pemilik untuk keberhasilan kinerja usaha; (5) penggunaan informasi akuntansi dimoderasi secara positif terhadap hubungan skala usaha dengan keberhasilan kinerja usaha; (6) penggunaan informasi akuntansi yang dimoderasi secara negatif terhadap hubungan umur usaha dengan keberhasilan kinerja usaha. Kata Kunci: pengetahuan pemilik, skala usaha, umur usaha, penggunaan informasi akuntansi, keberhasilan kinerja usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:22
Last Modified: 01 Aug 2022 01:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24887

Actions (login required)

View Item View Item