PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Pertambangan dan Energi yang terdaftar di BEI selama periode 2016-2019)

Wicaksono, Khafid (2021) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Pertambangan dan Energi yang terdaftar di BEI selama periode 2016-2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401606630_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan indikator bagaimana pasar menilai perusahaan secara keseluruhan. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemegang saham, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukkan kemakmuran mereka juga tinggi. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel capital expenditure, leverage dan return on asset, struktur kepemilikan dan corporate social responsibility, terhadap nilai perusahaan yang di proksikan dengan PBV (Price Book Value). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan dan energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Sejumlah 108 perusahaan dijadikan sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa capital expenditure berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Return on asset berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.Corporate social responsibility berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Rasio Keuangan, Struktur Kepemilikan dan Corporate Social Responsibility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:30
Last Modified: 27 Jul 2022 01:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24884

Actions (login required)

View Item View Item