PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL (IC) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2019)

Lestari, Rohana Puput (2021) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL (IC) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
31401606536_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk megnidentifikasi pengaruh langsung atau tidak langsung intellectual capital (IC) terhadap kinerja keuang intellectual capital (IC) terhadap nilai perusahaan serta kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Populasi yang diteliti pada penelitian ini adalah, Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam kurun waktu penelitian yaitu tahun 2016-2019. Metode penentuan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, metode penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap 110 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, peneliti menemukan 25 perusahaan yang memenuhi kriteria studi yang dimaksudkan sehingga jumlah sampel data yang dianalisis sebanyak (25 x 4) 100 data sampel. Hasil analisis penelitian membuktikan bahwa human capital efficiency terbukti berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja keuangan. Structural capital efficiency terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Capital employed efficiency terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Human capital efficiency terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Structural capital efficiency terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Capital employed efficiency terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kinerja keuangan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Human Capital Efficiency, Structural Capital Efficiency, Capital Employed Efficiency, Nilai Perusahaan, Kinerja Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:47
Last Modified: 22 Jul 2022 01:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24880

Actions (login required)

View Item View Item