PEMAHAMAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KESADARAN WAJIB PAJAK, SANKSI PAJAK, DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATU-HAN WAJIB PAJAK SEBELUM DAN SESUDAH TAX AMNESTY

Paramitasari, Berliana Tri (2021) PEMAHAMAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KESADARAN WAJIB PAJAK, SANKSI PAJAK, DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATU-HAN WAJIB PAJAK SEBELUM DAN SESUDAH TAX AMNESTY. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401606339_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Pajak merupakan salah satu pemasukan yang utama di Negara Indonesia. Ekonomi di Indonesia saat ini belum sepenuhnya menggambarkan masyarakat yang adil dan makmur. Hal ini dikarenakan, banyaknya para pelaku wajib pajak tidak membayar iuran pajak yang telah ditentukan ataupun terjadi keterlambatan dalam pem-bayaran iuran pajak. Kondisi seperti ini memunculkan adanya pengampunan pem-bayaran pajak atau tax amnesty. Dimana tax amnesty digunakan untuk pengha-pusan serta pengampunan pajak yang terutang yang dimiliki oleh wajib pajak. Jenis penelitian kuantitatif. Jenis data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku wajib pajak yang mempunyai usaha ataupun pernah mengikuti tax amnesty. Sampel sebanyak 43 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis statistik deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabili-tas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastis-itas), analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan uji beda. Hasil penelitian sebelum tax amnesty menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, dan pelayanan fiskus berpengaruh secara bersamaan terhadap kepatuhan wajib pajak sebelum tax amnesty dimana hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan, setelah tax amnesty menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, dan pelayanan fiskus tidak berpengaruh secara bersamaan terhadap kepatuhan wajib pajak setelah tax amnesty dimana hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, pela-yanan fiskus, kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:26
Last Modified: 25 Jul 2022 01:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24876

Actions (login required)

View Item View Item