PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Pada Tahun 2016-2019)

Suci, Wisti Sukma (2021) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Pada Tahun 2016-2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401506246_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup menyebabkan perusahaan dituntut untuk mampu bertanggungjawab atas semua kegiatan operasi yang dilakukannya dalam rangka memperoleh laba dengan melaksanakan program corporate social responsibility. Faktor-faktor good corporate governance dan faktor karakteristik perusahaan diprediksi dapat mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan asing, aktivitas dewan komisaris, aktivitas komite audit, profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan dan tipe industri terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Populasi data adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indoneisa periode 2016-2019. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 180 sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan. Data dianalisis menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan konstitusional berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, kepemilikan asing berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, aktivitas dewan komisaris tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, aktivitas komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, ROA berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, dan tipe industri berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Kata kunci : Good Corporate Governance, pengungkapan corporate social responsibility, karakteristik perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:16
Last Modified: 26 Jul 2022 01:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24872

Actions (login required)

View Item View Item