PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAH, MURABAHAH, DAN IJARAH TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Studi Kasus 2015 – 2019)

Puspitasari, Annis (2021) PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAH, MURABAHAH, DAN IJARAH TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Studi Kasus 2015 – 2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401505908_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan bukti empiris tentang pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah, dan ijarah terhadap profitabilitas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah mudharabah, musyarakah, murabahah, dan ijarah. Penelitian ini menggunakan data sekunder, data penelitian ini berupa laporan keuangan tahunan pada perbankan syariah yabg terdaftar di Bank Indonesia yang telah resmi dipublikasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 9 perusahaan perbankan syariah yang terdaftar di Bank Indonesia selama tahun 2015 – 2019. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda menggunakan bantuan program komputer yaitu SPPS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembiayaan mudharabah dan murabahah berpengaruh positif, sedangkan pembiayaan musyarakah dan ijarah tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Kata Kunci: Mudharabah, musyarakah, murabahah, ijarah, profitabilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:25
Last Modified: 25 Jul 2022 01:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24860

Actions (login required)

View Item View Item