PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan yang terdaftar di JII Tahun 2018-2020)

Priatin, Puji Merry (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan yang terdaftar di JII Tahun 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401405804_fullpdf.pdf

Download (861kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah profitabilitas, struktur kepemilikan dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen dan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sebagai variabel dependen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 45 perusahaan yang terdaftar di BEI dan secara terus menerus masuk di Jakarta Islamic Index tahun 2018-2020. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampel. Dalam penelitian digunakan jenis data kuantitatif dengan sumber data sekunder yang diperoleh dari situs www.idx.co.id. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa struktur kepemilikan secara signifikan berpengaruh negatif terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Kata kunci : ketepatan waktu (timeliness), profitabilitas, struktur kepemilikan, dan ukuran perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:30
Last Modified: 20 Jul 2022 01:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24836

Actions (login required)

View Item View Item