PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN MODEL BISNIS TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2019)

Fathurrohman, Muhamad Nafi (2021) PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN MODEL BISNIS TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
31401405597_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Modal intelektual adalah salah satu aset bisnis yang sangat penting dan bernilai. Modal intelektual sekarang dianggap sebagai salah satu elemen strategi perusahaan. Salah satu faktor yang menjadi kunci dalam pengawasan pengungkapan modal intelektual adalah Ukuran Dewan Komisaris, Proporsi Komisaris Independent, Kepemilikan Blockholder, Model Bisnis dan Kepemilikan Asing. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh mekanisme tata kelola perusahaan dan model bisnis terhadap pengungkapan modal intelektual pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017 – 2019, dengan jumlah sampel sebanyak 144 perusahaan yang di peroleh dengan teknik pengambilan metode kuantitatif . Jenis data yang digunakan adalah data skunder dengan menggunakan alat analisis regresi berganda. Mekanisme tata kelola perusahaan dan model bisnis berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual. Ukuran dewan Komisaris berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual. Proporsi dewan komisaris independen memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pengungkapan pengungkapan modal intelektual. Kepemilikan Blockholder memiliki pengaruh positif yang signifikan. Variabel model bisnis memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual, serta kepemilikan saham asing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual. Kata Kunci: Pengungkapan modal intelektual, Ukuran Dewan Komisaris, Proporsi Komisaris Independen, Kepemilikan Blockholder, Model Bisnis dan Kepemilikan Asing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:23
Last Modified: 20 Jul 2022 01:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24822

Actions (login required)

View Item View Item