ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA KABUPATEN BANJARNEGARA)

Prabowo, Mohammad Tegar (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA KABUPATEN BANJARNEGARA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
31401405592_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah, sistem pengendalian intern pemerintah, pemanfaatan teknologi informasi, dan kualitas sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan daerah Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk asosiatif, dengan menggunakan data primer melalui kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah bagian pengelola keuangan dari 24 SKPD di Kabupaten Banjarnegara. Sampel sebanyak 43 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis statistik deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas), uji t, uji F, uji R2. Analisis data menggunakan metode statistik analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penerapan standar akuntansi pemerintah, sistem pengendalian intern pemerintah, pemanfaatan teknologi informasi, dan kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara. Kata Kunci: Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:22
Last Modified: 20 Jul 2022 01:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24820

Actions (login required)

View Item View Item