PERAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PENGARUH UKURAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP TINDAKAN MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2015-2017)

Mahardhika, Gilang Sukma (2021) PERAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PENGARUH UKURAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP TINDAKAN MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2015-2017). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401405516_fullpdf.pdf

Download (997kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan terhadap profitabilitas terhadap pengungkapan CSR; untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap manajemen laba; serta untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap manajemen laba melalui pengungkapan CSR. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015-2017. Total sampel yang digunakan adalah 141 sampel dengan metode purpose sampling. Alat analisis yang digunakan penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Sedangkan hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F uji t dan uji mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, Ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap praktik manajemen laba; serta Pengungkapan CSR bukan variabel intervening dari pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap manajemen laba. Kata kunci : ukuran perusahaan, profitabilitas, CSR, manajemen laba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:27
Last Modified: 20 Jul 2022 01:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24817

Actions (login required)

View Item View Item