TANGGUNG JAWAB JASA PENGIRIMAN BARANG TERHADAP HILANG ATAU RUSAKNYA BARANG MELALUI JALUR DARAT (Studi Kasus Pada Ninja Xpress Karangjati)

Marlangen, Retno (2021) TANGGUNG JAWAB JASA PENGIRIMAN BARANG TERHADAP HILANG ATAU RUSAKNYA BARANG MELALUI JALUR DARAT (Studi Kasus Pada Ninja Xpress Karangjati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800472_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian PT.NINJA XPRESS terhadap hilang/rusaknya barang yang menjadi objek pengiriman melalui jalur darat serta untuk mengetahui tanggung jawab dan kewajiban yang diberikan PT.NINJA XPRESS terhadap ganti kerugian yang diderita oleh pemilik barang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan Yuridis Sosiologis, penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke objeknya dan penelitian ini merupakan penelitian studi dokumentasi yang memanfaatkan studi teks dan kepustakaan (liberary research) , dan menjadi sumber adalah buku-buku, media, dan dokumen yang berkaitan dengan pokok-pokok masalah yang dibahas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) pelaksanaan perjanjian PT.NINJA XPRESS Karangjati terhadap hilang/rusaknya barang yang menjadi objek pengiriman melalui jalur darat adalah dengan mengisi nomor resi yaitu form pengisian pengiriman barang. Nomor resi harus di isi dengan nama dan alamat yang lengkap,jelas , benar agar barang/dokumen yang akan dikirim bisa sampai ke tempat yang dituju. Setiap klaim dari pelanggan di sampaikan secara tertulis paling lambat 14 hari setelah tanggal dokumen atau barang tersebut seharusnya telah diterima di tujuan. Klaim tidak akan dilayani sebelum seluruh tagihan dari NINJA XPRESS Karangjati pada pelanggan tersebut diselesaikan. Jumlah klaim tidak dapat diperhitungkan dengan jumlah tagihan dari NINJA XPRESS Karangjati. 2) Tanggung jawab dan Kewajiban NINJA XPRESS Karangjati dalam menyikapi kebutuhan masyarakat akan pengangkutan,sebagai perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang pengangkutan PT.NINJA XPRESS Karangjati memberikan pelayanan – pelayanan yang pengiriman jalur darat yang didasarkan sesuai dengan ketentuan UU NO. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta SOP. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Barang, Jalur Darat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:38
Last Modified: 19 Jul 2022 03:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24788

Actions (login required)

View Item View Item