PERTANGGUNGJAWABAN TINDAK PIDANA PENGEROYOKAN YANG MENGAKIBATKAN LUKA RINGAN (Studi Kasus Perkara No.228/Pid.B/2021/PN.Smg)

Faozan, Mochamad Tri (2021) PERTANGGUNGJAWABAN TINDAK PIDANA PENGEROYOKAN YANG MENGAKIBATKAN LUKA RINGAN (Studi Kasus Perkara No.228/Pid.B/2021/PN.Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800232_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Pertanggungjawaban Pidana adalah suatu bentuk hukuman atau sanksi yang diberikan kepada seseorang yang telah melakukan suatu perbuatan, yang dalam perbuatannya telah memenuhi unsur kesalahan serta perbuatan tersebut telah melanggar suatu aturan hukum tertulis yang berlaku. Rumitnya penentuan besaran pertanggungjawaban pidana pengeroyokan tidak terlepas mengenai bagaimana perbuatan tersebut dilakukan dan kemampuan para pelaku untuk bertanggungjawab atas tindakan yang telah dilakukannya. Metode Penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis yaitu dengan mengidentifikasi hukum yang rill institusi sosial dan fungsional dalam sistem kehidupan yang nyata. Pendekatan yuridis menitikberatkan penelitian dengan tujuan mendapatkan pengetahuan hukum empiris melalui penelitian fakta yang terjadi dalam kehidupan masyarakat secara langsung. Hasil dari penelitian ini adalah penjatuhan pertanggungjawaban pidana kepada para terdakwa dengan kurungan penjara selama 8 bulan yang diputuskan oleh Hakim dengan mempertimbangkan segala aspek yang muncul dalam pembuktian di persidangan serta fakta-fakta yang dilampirkan atas perbuatan para terdakwa sesuai dan meyakinkan hakim mengabulkan tuntutan jaksa dengan dakwaan primair yaitu Pasal 170 Ayat 2 KUHP. Atas hal-hal yang menghambat jalannya penyelesaian perkara dapat kemudian teratasi dengan baik dan lancar oleh Bapak Asep Permana S.H.,M.H sebagai Hakim ketua pada perkara tersebut. Kata kunci : Pertanggungjawaban, Pengeroyokan, Luka Ringan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:55
Last Modified: 19 Jul 2022 03:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24749

Actions (login required)

View Item View Item