TANGGUNG JAWAB PENYEWA DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOBIL DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Hidayah Rent Car Semarang)

Ariadanti, Syahfira Indar (2021) TANGGUNG JAWAB PENYEWA DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOBIL DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Hidayah Rent Car Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800359_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini, berjudul ”Tanggung Jawab Penyewa Dalam Pelaksanaan Perjanjian Sewa Menyewa Mobil di Kota Semarang” penelitian ini di latar belakangi jarang tersedianya transportasi umum di Kota Semarang yang dapat menuju ke beberapa tempat wisata. Hal ini tentu menjadi peluang usaha bagi sebagian orang untuk menyediakan Jasa Penyewaan kendaraan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian sewa-menyewa mobil pada Hidayah Rent Car di Kota Semarang serta untuk kendala dan solusi pelaksanaan perjanjian sewa-menyewa mobil di Hidayah Rent Car di Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis.Sumber data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian pustaka. Analisis data dengan cara sistematis meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Praktek sewa menyewa mobil di Hidayah Rent Car dilakukan atas dasar kepercayaan dan kesepakatan antara kedua belah pihak, yaitu dengan adanya jaminan berupa KTP, STNK dan kendaraan milik penyewa (2) Penyelesaian wanprestasi pada perjanjian sewa-menyewa mobil di Hidayah Rent Car berupa keterlambatan ataupun kerusakan yaitu pihak rental mengacu kepada surat perjanjian yang dimiliki oleh Hidayah Rent Car dan ketika bentuk wanprestasi tidak tercantum di surat perjanjian tersebut dilanjutkan pada perundingan antara pemilik dengan penyewa dan permintaan ganti rugi dari pihak penyewa yang melakukan wanprestasi. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Penyewa, Pejanjian Sewa Menyewa, Mobil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:58
Last Modified: 19 Jul 2022 02:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24726

Actions (login required)

View Item View Item