PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN BERAS BANSOS (BANTUAN SOSIAL) TERKAIT ADANYA BERAS TIDAK LAYAK KONSUMSI (Studi Kasus Kelurahan Banjarsari Kabupaten Demak)

Sartika, Ratna Ayu Dian (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN BERAS BANSOS (BANTUAN SOSIAL) TERKAIT ADANYA BERAS TIDAK LAYAK KONSUMSI (Studi Kasus Kelurahan Banjarsari Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
30301800315_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen pasal 4 huruf a mengatakan bahwa konsmen berhak atas kenyamanan serta keamanan dalam mengkonsumsin barang/jasa. Namun dalam faktanya konsumen beras Bantuan Sosial masih terdapat beberapa yang menerima beras yang tidak layak untuk dikonsumsi yang menyebabkan kurangnya kandungan gizi pada beras serta dapat mengganggu kesehatan bagi yang megkonsumsinya. Dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut, yaitu : Bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap masyarakat Kelurahan Banjarsari Kabupaten Demak yang mendapat beras bantuan sosial (Bansos) yang tidak layak konsumsi? Bagaimana tanggung jawab Bulog dalam mendistribusikan bansos beras terkait beredarnya beras bansos yang tidak layak untuk konsumsi oleh masyarakat Kelurahan Banjarsari Kabupaten Demak? Penelitian ini adalah penelitian Yuridis Sosiologis yaitu peneliti mencari informasi yang ada dalam masyarakat dengan melakukan wawancara secara langsung. Sumber data peneletian ini yaitu data primer, dan data sekunder. Alat pengumpulan data observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa konsumen mempunyai hak-hak yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha yaitu konsumen beras Bansos berhak mendaptakan beras yang layak untuk dikonsumsi. Serta konsumen memerlukan pendidikan konsumen supaya paham dan mengerti akan hak-haknya. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, Bulog

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:52
Last Modified: 19 Jul 2022 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24721

Actions (login required)

View Item View Item