Studi Deskriptif Pendidikan Aqidah Akhlaq Di SMP Plus Salafiyah Pemalang (Pesantren) Dan MTS Salafiyah Kalimas (Non Pesantren)

Fikri, Thubagus (2015) Studi Deskriptif Pendidikan Aqidah Akhlaq Di SMP Plus Salafiyah Pemalang (Pesantren) Dan MTS Salafiyah Kalimas (Non Pesantren). Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam Unissula.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Maksud dari Pendidikan aqidah akhlaq pada skripsi ini yaitu proses pelaksanaan pembelajaran materi aqidah akhlaq yang didalamnya terdapat berbagai sub sistem yang peneliti teliti diantaranya materi, metode, media, evaluasi serta prestasi belajar yang ada di kedua sekolah tersebut. Setelah mendapatkan hasil dari penelitian tersebut, maka penulis akan mengungkapkan dan mendeskripsikan serta nantinya dapat ditarik kesimpulan yang akan menghasilkan data pelaksanaan pendidikan aqidah akhlaq di SMP Plus Salafiyah Pemalang (Pesantren) dan MTs Salafiyah Kalimas (Non Pesantren). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SMP Plus Salafiyah Pemalang (Pesantren) dan MTs Salafiyah Kalimas (Non Pesantren). Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Studi deskriptif pendidikan aqidah akhlaq pada skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang saat ini berlaku, didalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis, dan menginterpretasikan kondisi yang sekarang ini terjadi. Tentunya dari kedua sekolah tersebut memiliki program-program yang sangat kreatif sehingga menjadi perbedaan dengan yang lain dan tentu juga ada segi persamaan dari kedua sekolah tersebut. Hasil analisis menunjukan bahwa: 1) Materi yang digunakan sama tetapi ruang lingkup materi yang digunakan Pak kukuh luas dibandingkan dengan Ibu Siti yang sempit 2) Metode yang digunakan Ibu Siti lebih Variatif dibandingkan Pak Kukuh 3) Usaha Ibu Siti dalam menggunakan media sangatlah bagus berbeda dengan Pak Kukuh karena keterbatasan fasilitas yang tersedia 4) Pak Kukuh lebih aktif melakukan evaluasi dibandingkan dengan Ibu Siti 5) Hasil prestasi belajar akhir siswa terlihat lebih unggul SMP Plus Salafiyah Pemalang dibandingkan dengan MTs Salafiyah Kalimas. Perilaku peserta didik dari kedua sekolah tersebut tergolong baik sesuai dengan hasil prestasi yang diraih. Kata kunci: Studi deskriptif, pendidikan aqidah akhlaq

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2016 04:41
Last Modified: 15 Jan 2016 04:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2471

Actions (login required)

View Item View Item