PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (Studi Pada CV. Marga Mitra)

Widianingrum, Viona Isti (2021) PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (Studi Pada CV. Marga Mitra). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30401411482_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior melalui Kepuasan Kerja sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di CV. Marga Mitra Semarang, dengan 78 responden. Pada penelitian ini menggunanakan analisis sobel test dan bantuan software IBM SPSS 26 dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian yang sudah diuji menunjukkan bahwa Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, Kepemimpinan Transformasional juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja. Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Hasil uji sobel menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja mampu menjadi variabel intervening antara Kepemimpinan Transformasional terhadap OCB, ini memberikan pengertian bahwa semakin baik Kepemimpinan Transformasional yang diterapkan tentu akan semakin meningkatkan Kepuasan Kerja karyawan sehingga akan berdampak pada meningkatnya Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada diri karyawan. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:29
Last Modified: 19 Jul 2022 03:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24698

Actions (login required)

View Item View Item