PENGARUH KEBIJAKAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG DI MASA PANDEMI COVID-19

Nurrahmansyah, Muhammad Adrian (2021) PENGARUH KEBIJAKAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
30301800245_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi telah menjadi sebuah permasalahan yang cukup besar bagi pemerintah Indonesia. Pandemi ini telah berpengaruh kepada berbagai sektor salah satunya sektor pelayanan publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang sebagai garda terdepan dalam proses pelayanan publik telah menerapkan beberapa kebijakan agar proses pelayanan publik tetap berjalan dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai sejauh mana pengaruh dari kebijakan yang telah diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang terhadap kualitas pelayanan publik selama pandemi Covid-19 ini serta apa saja yang kendala yang ditemui saat penerapan kebijakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yuridis empiris dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan dengan cara wawancara dengan pihak yang terkait dengan permasalahan yang dibahas. Selanjutnya untuk menganalisis, penulis menggunakan metode analisis data kualitatif untuk menjelaskan fakta yang terjadi di lapangan dengan kalimat yang sistematis. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan adalah setiap kebijakan yang diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memiliki kualitas yang berbeda. Kebijakan tersebut juga memiliki kendala pada saat diterapkan. Tetapi, terdapat juga beberapa kebijakan untuk menangani kendala tersebut. Berdasarkan hasil analisis dan simpulan pada bab pembahasan maka penulis mengajukan saran untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar lebih menggiatkan sosialisasi pelayanan secara online kepada masyarakat agar lebih paham untuk proses pendaftaran pengurusan administrasi kependudukan secara online. Kata Kunci : Kebijakan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kualitas, Pelayanan Publik, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:01
Last Modified: 19 Jul 2022 02:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24688

Actions (login required)

View Item View Item