TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM MENGENAI SANKSI TINDAK PIDANA PERJUDIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Study Putusan Pengadilan Negeri Sukadana : 189/Pid.B/AN/2009/PN.Skd)

MUSTOFA, MUHAMAD HASAN (2021) TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN HAKIM MENGENAI SANKSI TINDAK PIDANA PERJUDIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Study Putusan Pengadilan Negeri Sukadana : 189/Pid.B/AN/2009/PN.Skd). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
30301800243_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perjudian kiranya telah menjadi masalah sosial yang telah ada sejak dahulu. Perjudian ini semakin marak ketika terjadi perubahan keadaan sosial politik serta krisis ekonomi yang melanda negara ini, dimana orang semakin sulit untuk mendapatkan uang dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam hukum yang berlaku di Indonesia perjudian sudah termasuk dalam tindakan pelanggaran hukum. Bagi siapa saja yang melakukan tindakan perjudian pasti akan mendapatkan sanksi yang sudah jelas diatur dalam KUHP tanpa memandang usia, pendidikan, dan lain sebagainya. Perjudian yang dilakukan oleh orang dewasa saja sudah melakukan tindakan pelanggaran hukum apalagi perjudian tersebut dilakukan oleh anakanak yang secara psikologis belum memiliki pola piker yang lebih matang dibandingkan dengan orang dewasa dan juga memiliki tingkat emosional yang bias dibilang tidak stabil yang nantinya akan berimbas pada perilaku anak tersebut dikemudian. Permasalah yang akan dibahas adalah, Bagaimana dasar pertimbangan hakim dalam penjatuhan putusan di Pengadilan Negeri Sukadana Study Putusan No. 189/Pid.B/AN/2009/PN.Skd dan Bagaimana penerapan putusan hakim dalam pengenaan sanksi tindak pidana perjudian yang dilakukan oleh anak dibawah umur.Dalam penulisan sekripsi ini penulis menggukan metode Yuridis Normatif. Dan metode pengumulan data dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Metode analisia data kualittif. Putusan Pengadilan Negeri Sukadana yang memeriksa dan mengadili perkara-perkara pidana perjudian yang dilakukan oleh anak dibawah umur di Pengadilan Negeri Sukadana putusan No. 189/Pid.B/AN/2009/PN.Skd yaitu dengan Mengingat dan memperhatikan Pasal 303 bis Ayat (1) ke- 2e KUHP. Kata kunci : perjudian, pidana anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:01
Last Modified: 19 Jul 2022 02:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24687

Actions (login required)

View Item View Item