TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERJANJIAN DI BAWAH TANGAN DALAM SEWA MENYEWA TANAH KAS DESA (Studi Kasus Desa Bandungrejo Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara)

Hikmawan, Moh. Wildan (2021) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERJANJIAN DI BAWAH TANGAN DALAM SEWA MENYEWA TANAH KAS DESA (Studi Kasus Desa Bandungrejo Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
30301800238_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tanah kas desa merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh desa yang dapat dikelola serta dimanfaatkan secara mandiri oleh Pemerintah desa seperti disewakan kepada masyarakat umum, serta terdapat problematika yang sering muncul yakni wanprestasi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian di bawah tangan dalam sewa menyewa tanah kas desa di Desa Bandungrejo dan mengetahui apa saja problematika pelaksanaan perjanjian di bawah tangan dalam sewa menyewa tanah kas desa di Desa Bandungrejo. Metode pendekatan penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, spesifikasi penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, sumber data penelitian menggunakan data primer, dan menggunakan Data Sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data primer yang diambil melalui wawancara secara langsung dan pengumpulan data sekunder yang diambil melalui studi kepustakaan dan analisis data yang digunakan kualitatif. Hasil penelitiannya adalah pelaksanaan sewa menyewa tanah kas desa di Desa Bandungrejo dilakukan setiap tahun sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku, dengan tujuan peningkatan pendapatan desa secara mandiri seperti yang telah diinstruksikan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa. Dimana hasil dari sewa menyewa tersebut sepenuhnya dimasukkan ke dalam anggaran desa serta sebagai pendapatan tambahan bagi Pejabat yang berwenang, dalam pelaksanannya dilakukan secara terbuka dengan duhadiri oleh masyarakat umum. Problematika yang sering muncul dalam pelaksanaan sewa menyewa tanah kas desa di Desa Bandungrejo meliputi wanprestasi dan permasalahan kecil lainnya, seperti kesalahan penulisan tanggal ataupun lainnya yang tidak terlalu merugikan antar pihak, serta dapat diatasi oleh Pemerintah Desa Bandungrejo dengan cara musyawarah untuk mufakat. Kata Kunci : Perjanjian, Sewa Menyewa, Tanah Kas Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:36
Last Modified: 19 Jul 2022 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24683

Actions (login required)

View Item View Item