PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI TACIT KNOWLEDGE DAN RELIGIUSITAS : PERAN MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI MEDIASI STUDI DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TENGAH

Susilastuti, Eka Heriana (2021) PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI TACIT KNOWLEDGE DAN RELIGIUSITAS : PERAN MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI MEDIASI STUDI DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
20401900010_fulltextpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Organisasi menginginkan sumberdaya manusia yang dimilikinya untuk saling berlomba meraih prestasi terbaiknya. Keinginan untuk meraih prestasi individu dalam organisasi akan sangat didukung oleh kepemilikan pengetahuan yang dimilikinya. Namun, prestasi jika tidak didasari dengan nilai nilai spiritual akan menjadi persaingan tidak sehat yang akan memperburuk kinerja. sehingga nilai nilai religious sangat crucial dalam membentuk motivasi berprestasi seseorang. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Tacit Knowledge, Religiusitas, dan Motivasi Berprestasi dalam peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai PNS di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dengan sebanyak 300 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini adalah purposive sampling berdasarkan kriteria masa kerja lebih dari 5 tahun, berdomisili di kota Semarang dan berstatus sebagai PNS. data diukur dengan menggunakan skala likert 1 s/d 5 dan dianalisis dengan menggunakan alat statistik SEM PLS. adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Tacit Knowledge dan Religiusitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi Berprestasi. Kemudian, Tacit Knowledge, Religiusitas, dan Motivasi Berprestasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia. Motivasi berprestasi berperan sebagai variabel mediasi terhadap pengaruh antara religiousitas dengan kinerja SDM. Namun Motivasi berprestasi tidak dapat berperan sebagai variabel mediasi terhadap pengaruh antara tacit knowledge dengan kinerja SDM. Kata kunci : Tacit Knowledge; Religiusitas; Motivasi Berprestasi; Kinerja Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:28
Last Modified: 19 Jul 2022 03:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24663

Actions (login required)

View Item View Item