UPAYA PENYELESAIAN TERHADAP DUGAAN TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI POLRES DEMAK (Studi Laporan Polisi No.124/IX/2020)

Cahyani, Indah Gita (2021) UPAYA PENYELESAIAN TERHADAP DUGAAN TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI POLRES DEMAK (Studi Laporan Polisi No.124/IX/2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800194_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga tidak mengenal jenis kelamin, usia dan status dalam rumah tangga. Hal ini berarti KDRT dapat terjadi kepada siapapun dalam lingkup rumah tangga baik anak, istri, suami, orangtua, bahkan pembantu rumah tangga. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui upaya penyelesaian terhadap dugaan tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di Polres Demak dan hambatan-hambatan yang dihadapi Kepolisian dalam upaya penyelesaian tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di Polres Demak. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis. Metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami dilapangan atau suatu pendekatan yang berpangkal pada permasalahan mengenai hal yang bersifat yuridis serta kenyataan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penyelesaian yang dilakukan oleh pihak Kepolisian dalam menangani tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh Ibu Sumiatun terhadap anaknya (Agisti Ayu Wulandari) tetap mengedepankan upaya penyelesaian menggunakan musyawarah terlebih dahulu melalui mediasi yang dilakukan di Kepolisian. Hambatan- hambatan yang dihadapi Kepolisian dalam upaya penyelesaian tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di Polres Demak yang dilakukan oleh Ibu Sumiyatun terhadap Agisti Ayu Wulandari sebenarnya tidak mengalami hambatan apapun. Kata Kunci: Penyelesaian, Kekerasan dalam Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:58
Last Modified: 19 Jul 2022 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24645

Actions (login required)

View Item View Item