TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN TINDAK PIDANA PERZINAHAN (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI UNGARAN NOMOR : 90/Pid.B/2015/PN Unr)

UNSPECIFIED (2021) TINJAUAN YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN TINDAK PIDANA PERZINAHAN (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI UNGARAN NOMOR : 90/Pid.B/2015/PN Unr). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800193_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)

Abstract

Perzinahan dipandang sebagai perbuatan dosa yang dapat dilakukan oleh pria maupun wanita, dan dipandang sebagai suatu penodaan terhadap ikatan suci dari perkawinan. Hal ini diperparah dengan lemahnya praktik penegakan hukum. Dalam penegakan hukum pidana di Indonesia sangat berkaitan dengan kejahatan atau kriminalitas. Dalam tindakan kejahatan yang terjadi secara umum selalu melibatkan dua pihak sentral yakni pelaku kejahatan atau pelaku tindak pidana dan korban tindak pidana. Penelitian ini dibuat bertujuan agar mengetahui bagaimana putusan terhadap tindak pidana perzinahan pada Pengadilan Negeri Ungaran dalam putusan perkara nomor : 90/Pid.B/2015/PN Unr dan juga mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dalam menangani perkara tindak pidana perzinahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian hukum yuridis normatif. Yuridis normatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum, serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Spesifikasi penelitianya adalah deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan atau data sekunder belaka. Berdasarkan hasil penelitian Penerapan hukum materiil dalam putusan Nomor: 90/Pid.B/2015/PN Unr adalah tepat. Jaksa Penuntut Umum menggunakan dakwaan Tunggal, yaitu: Pasal 284 Ayat (1) ke-1 huruf (b) KUHP diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan : Seseorang wanita yang telah kawin melakukan gendak, padahal diketahui bahwa pasal 27 BW berlaku baginya. Dalam perkara nomor: 90/Pid.B/2015/PN Unr unsur-unsur Pasal yang didakwakan oleh Jaksa Penuntut Umum tersebut terbukti secara sah dan meyakinkan, antara perbuatan dan unsur-unsur Pasal saling mencocoki. Sedangkan untuk Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan Nomor: 90/Pid.B/2015/PN Unr bahwa terdakwa terbukti melanggar Pasal 284 Ayat (1) ke 1 huruf b KUHP sehingga hakim menjatuhkan pidana. Karena berdasarkan dua alat bukti yang sah, yang dalam kasus yang diteliti penulis ini, alat bukti yang digunakan Hakim adalah keterangan saksi, keterangan terdakwa, serta diperkuat adanya barang bukti yang dipakai terdakwa melakukan tindak pidana perzinahan. Kata kunci: Tinjauan Yuridis, Tindak Pidana, Perzinahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:58
Last Modified: 19 Jul 2022 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24644

Actions (login required)

View Item View Item