PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA KARYAWAN KONTRAK DENGAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) BAITUL MAALWAT-TAAMWIL (BMT) FOSILATAMA KOTA SEMARANG

Parawangsa, Firdha Ayu (2021) PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJA KARYAWAN KONTRAK DENGAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) BAITUL MAALWAT-TAAMWIL (BMT) FOSILATAMA KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800167_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian kerja antara karyawan kontrak dengan KJKS BMT FOSILATAMA, serta mendeskripsikan pelaksanaan perjanjian kerja KJKS BMT FOSILATAMA apabila terjadinya wanprestasi yang dilakukan oleh karyawan kontrak. Perjanjian kerja adalah perjanjian antara pekerja/buruh dengan pengusaha atau pemberi kerja yang memuat syarat syarat kerja, hak, dan kewajiban para pihak. Perjanjian kerja dapat dilakukan secara lisan ataupun tertulis, biasanya hubungan kerja informal melakukan perjanjian kerja secara lisan, sedangkan hubungan kerja formal melakukan perjanjian kerja dengan cara tertulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris, dengan spesifikasi penelitian adalah deskriptif analitis. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data melalui studi kasus dan wawancara, kemudian mendeskripsikan bahan hukum dengan teknik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perjanjian kerja di KJKS BMT FOSILATAMA sejalan dengan undang-undang yang artinya sudah dilakukan dengan baik. Namun demikian terdapat beberapa faktor penghambat yang ditemui pada saat pemenuhan hak pekerja, tetapi terdapat upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Serta wanprestasi yang dilakukan karyawan ditindak tegas oleh perusahaan berupa pemberian sanksi kepada karyawan yang melakukan wanprestasi berupa ganti rugi dan pemecatan. Kata kunci : Perjanjian Kerja, Karyawan Kontrak, Wanprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:31
Last Modified: 19 Jul 2022 01:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24622

Actions (login required)

View Item View Item