IMPLEMENTASI ASAS PRADUGA TIDAK BERSALAH PADA TINGKAT PENYIDIKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI DI KEPOLISIAN DAERAH JAWA TENGAH)

Fauzi, Fernando Rizqi (2021) IMPLEMENTASI ASAS PRADUGA TIDAK BERSALAH PADA TINGKAT PENYIDIKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI DI KEPOLISIAN DAERAH JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800160_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan implementasi terhadap implementasi asas praduga tak bersalah dalam praktek penanganan tindak pidana dalam proses penyidikan dan mengetahui faktor-faktor yang menghambat implementasi asas praduga tak bersalah pada proses penyidikan dan penyelesaianya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis adalah suatu penelitian yang didasarkan pada suatu ketentuan hukum dan fenomena atau kejadian yang terjadi dilapangan. untuk memecahkan masalah penelitian dengan meneliti data sekunder dan data primer dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami di lapangan serta metode deskriptif kualitatif, yakni dimana data yang diperoleh kemudian disusun secara sistematis sehingga akan diperoleh gambaran yang komperhensif, dimana nantinya data akan dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi asas praduga tak bersalah dalam proses penyidikan pada Kepolisian Daerah Jawa Tengah dalam kasus narkotik telah diterapkan hanya saja kasus yang timbul hanyalah bersifat kasuistik dan oleh karena harus di tindak tegas agar tidak terjadi lagi. Faktor penghambat implementasi asas praduga tak bersalah dalam proses penyidikan di Kepolisian Daerah Jawa Tengah dipengaruhi oleh pertama faktor internal yaitu kurang optimalnya profesionalitas dan keahlian polisi dalam pengaplikasian asas praduga tidak bersalah yang menyebabkan tidak optimal dalam implementasi nya dan juga terdapat oknum aparat yang masih mengabaikan asas praduga tidak bersalah solusi dari permasalahan tersebut yaitu memberikan kesempatan atau izin maupun tugas belajar dan menanamkan budaya sipil yang kuat dikalangan anggota Polri di lingkungan Polda Jateng. Faktor yang kedua yaitu factor eksternal yaitu terkait sarana dan prasarana terkait bantuan hukum terhadap tersangka pada pendampingan diawal penyidikan solusinya yaitu kepolisian harus menyediakan kuasa hukum bagi tersangka secara probono agar segala proses pemeriksaan sesuai peraturan yang berlaku dan kedua berkaitan dengan faktor masyarakat dimana belum mengetahui secara detail tentang asas praduga tidak bersalah solusinya yaitu penyuluhan hukum baik bagi masyarakat perihal ketentuan- ketentuan yang ada di dalam KUHAP. Kata Kunci: Asas Praduga tidak bersalah, Penyidikan, Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:06
Last Modified: 19 Jul 2022 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24618

Actions (login required)

View Item View Item