PROBLEMATIKA WANITA YANG BEKERJA MENJADI TKW TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI DESA SUMBERSARI KEC. NGAMPEL KAB. KENDAL)

Huda, Ariful (2021) PROBLEMATIKA WANITA YANG BEKERJA MENJADI TKW TERHADAP PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI DESA SUMBERSARI KEC. NGAMPEL KAB. KENDAL). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
30501700023_fulltextpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sulitnya mendapatkan pekerjaan di dalam negeri membuat banyak masyarakat yang memutuskan untuk bekerja di luar negeri, banyak wanita di Desa Sumbersari yang menjadi TKW karena berbagai alasan, diantaranya ingin memperbaiki perekonomian keluarga, ingin membangun rumah, modal usaha, dan biaya anak. Akan tetapi untuk menjadi TKW pastinya banyak dampak yang ditimbulkan terutama terkait dengan pembentukan keluarga sakinah. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak menjadi TKW terhadap pembentukan keluarga sakinah dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya keluarga sakinah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dampak Tenaga kerja wanita (TKW) terhadap terbentuknya keluarga sakinah yaitu menjadi TKW berdampak positif dan negatif bagi keluarga, dampak positif yang ditimbulkan yaitu memperbaiki perekonomian keluarga, kehidupan menjadi terjamin karena hasil yang diperoleh dibuat untuk modal usaha dan tempat tinggal menjadi layak. Dampak negatif yang di timbulkan yaitu anak kurang mendapatkan kasih sayang dari ibu, penyalahgunaan gaji oleh suami. Dari 5 narasumber yang di wawancarai, 4 orang tetap memiliki rumah tangga yang harmonis dan 1 orang rumah tangganya kurang harmonis ketika menjadi TKW. Faktor yang mempengaruhi terbentuknya keluarga sakinah diantaranya faktor religiusitas, kesehatan dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:45
Last Modified: 19 Jul 2022 02:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24613

Actions (login required)

View Item View Item